Selasa, 06 Oktober 2009


ANTI SPYWARE VS SPYWARE

Ketika anda browsing internet tiba-tiba muncul Pop up Windows, seperti iklan yang mungkin berupa banner, itulah merupakan salah satu jenis spyware. Pengertian Spyware itu sendiri adalah adalah perangkat lunak yang mengumpulkan dan mengirim informasi tentang pengguna computer tanpa diketahui oleh si pengguna itu. Salah satu Spyware masuk ke dalam kategori malicious software, yang bertujuan untuk mengambil alih sebagian kontrol dari PC dan melakukan monitoring kegiatan yang terjadi pada PC tersebut tanpa meminta izin terlebih dahulu ataupun hanya sekadar pemberitahuan kepada si pengguna PC. Setelah memperoleh data dari hasil monitoring tersebut, maka nantinya spyware akan melaporkan aktivitas yang terjadi pada PC tersebut kepada pihak ketiga. Dalam hal ini adalah pembuat spyware tersebut.

Darimana mereka datang ke computer kita. Banyak cara yang dilakukan oleh mereka, diantaranya melalui software gratisan (freeware dan Shareware), juga dari situs internet yang kita kunjungi dimana secara diam-diam mereka menginstalkan dirinya sendiri kekomputer kita.

Kenapa mereka bisa mengganggu kinerja computer kita?. Tentus aja karena mereka bekerja terus-menerus (terutama saat kita online atau ketika menggunakan browser) dan beberapa ada yang mengubah atau mengganti file-file system windows yang asli dengan file-file mereka . Tentu ini menambah kerja windows yang normal.

Beberapa contoh spyware yang biasa menyerang para pengguna Internet adalah CoolWebSearch, Internet Optimizer yang dikenal juga dengan nama DyFuca, 180 Solutions, dan HuntBar yang dikenal juga dengan nama WinTools atau Adware.Websearch yang secara luas spyware tersebut didistribusikan oleh Traffic Syndicate.

Pencegahan paling efektif tentu dengan waspada, ada beberapa tips walaupun tipsnya tidak bisa menjamin 100% bebas dari spyware, namun setidaknya ini bisa mengurangi ancaman dari spyware tersebut, berikut ini merupakan beberap gtips pencegahan :

  • Hati-hati dalam melakukan browsing ke situs-situs yang ‘tidak jelas’ di Internet. Biasanya terutama situs-situs underground, situs-situs hacking dan situs-situs crack.
  • Khusus untuk program freeware atau gratisan, sebelum digunakan, lihat informasi di bagian review pengguna, apakah ada yang komplain mengenai spyware di dalamnya. Karena umumnya spyware ada di program yang freeware.
  • Pada saat download program di Internet, kalau bisa baca dulu EULA nya (End-User License Agreement) karena biasanya di dalam klausalnya sengaja dibuat serumit dan sepanjang mungkin yang mungkin didalamnya ada klausal untuk instalasi spyware. Ada program yang EULA sebanyak 131 halaman, siapa yang mau baca ? tapi itu memang sengaja dibuat seperti itu sehingga apabila terjadi tuntutan hukum di kemudian hari mereka punya bukti.
  • Install anti-spyware, seperti ad aware. Tapi kadang spyware terbaru tidak terdeteksi, makanya harus sering di update. Jika cara ini belum memuaskan, coba dengan tools berikut, yang pertama CWShredder dilanjutkan dengan HijackThis. Bisa di download di situs ini http://www.spywareinfo.com/~merijn/downloads.html. Ada beberapa tools lain disana, mungkin bisa kamu coba juga.

Berikut ini merupakan jenis Antispyware yang saya sarankan

Ad-Aware SE Personal Edition 1.06
Situs : www.lavasoft.de
OS : Windows All
Ukuran : 2.61 MB

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan Ad-Aware SE. Tool ini dipilih karena lisensinya yang freeware dan fungsinya yang sangat powerful. Bisa dibilang Ad-Aware adalah tool antispyware terbaik saat ini. Dalam tugasnya, Ad-Aware akan melakukan scan secara total, baik itu memory, registry, hardisk, removable disk, dan optical disk. Ad-Aware mampu mengenali dan menghilangkan ancaman spyware, pop-ups, scumware, keylogger, Trojan, malware, dan lain-lain.

Spybot–Search & Destroy 1.4
Situs :
www.spybot.info
OS : Windows All
Ukuran : 4.8 MB

Tool yang satu ini juga tidak kalah dari Ad-Aware. Sepanjang percobaan yang kami lakukan, fungsi dan kemampuan Spybot-S&D setara dengan Ad-Aware. Kelebihan dari tool ini adalah fungsi Immunize. Fungsi ini digunakan untuk melakukan blocking pada website-website yang dianggap oleh tool ini sebagai spyware, sehingga Anda tidak akan bisa mengakses website tersebut. Dengan begitu, otomatis spyware tidak bisa masuk ke PC Anda.

SpywareBlaster 3.4
Situs :
www.javacoolsoftware.com
OS : Windows All
Ukuran : 2.44 MB

Berbeda dengan tool antispyware yang lain, SpywareBlaster tidak difungsikan untuk membersihkan spyware yang sudah menyusup ke dalam PC Anda. Tool ini lebih cenderung sebagai pencegah supaya spyware tidak bisa menembus PC Anda. Tool ini akan bekerja dengan cara men-disable CLSID dari activeX control spyware tersebut dan mencegah supaya spyware tersebut tidak terinstal lewat website yang sedang Anda buka.

http://www.pcmedia.co.id


Tidak ada komentar: